12. Proses pembelajaran berlangsung secara aktif dengan melibatkan seluruh siswa dan mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi sehingga terjadi proses pembelajaran yang efektif sesuai dengan tujuan pembelajaran pada satuan Pendidikan.
Melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran, dapat ditelaah dari:
a. metode pembelajaran yang mendorong siswa aktif;
b. tugas-tugas yang bervariasi dan menantang; dan
c. media pembelajaran yang bervariasi.
Dokumen :
Rencana Pembelajaran Pembelajaran (RPP) Telaah RPP dilakukan ketika asesor melakukan observasi
Melaksanakan pembelajaran melalui pengalaman konkret, dapat ditelaah dari:
a. instruksi siswa untuk aktif mengerjakan tugas;
b. instruksi siswa untuk aktif melakukan praktik/simulasi; dan
c. catatan hasil penilaian kerja siswa.
Dokumen :
Lembar Praktikum/Lembar Praktik/Lembar Kerja Siswa
13. Penilaian proses dan hasil belajar digunakan sebagai dasar untuk perbaikan dan dilaksanakan secara sistemis.
Penggunaan berbagai teknik/metode penilaian, dapat digali dari:
a. lebih dari satu teknik penilaian, misalnya tes tulis, tes lisan, uji kinerja, portofolio;
b. lebih dari satu aspek capaian pembelajaran (sikap, pengetahuan dan
keterampilan); dan
c. penilaian proses dan hasil belajar.
Dokumen :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Penilaian dilakukan secara sistemis dan berkesinambungan, dapat ditelaah dari:
a. langkah-langkah penilaian yang logis dimulai dari penyusunan kisi-kisi sebagai langkah awal (persiapan) dan dilanjutkan dengan mengembangkan instrumen penilaian; dan
b. penilaian secara berkesinambungan/berkelanjutan.
Dokumen :
Kisi-kisi soal dan instrumen penilaian (formatif dan sumatif)
Hasil penilaian (formatif dan sumatif)
14. Program remedial dan/atau pengayaan diberikan kepada siswa yang memerlukan.
Pelaksanaan penilaian dan analisis pencapaian kompetensi, dapat ditelaah dari:
a. catatan guru tentang prosedur penilaian proses belajar dan metode penilaian hasil belajar masing-masing siswa; dan
b. analisis guru tentang pencapaian kompetensi masing-masing siswa
berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).
Dokumen :
Catatan/Daftar Penilaian dan Hasil Analisis Pencapaian Kompetensi
Penyusunan rencana program remedial /pengayaan, dapat ditelaah dari:
a. rencana waktu (jadwal) pelaksanaan remedial/pengayaan dalam satu semester;
b. rencana strategi/metode pelaksanaan remedial/pengayaan yang unik sesuai kebutuhan siswa; dan
c. pencantuman materi remedial/pengayaan sesuai jadwal.
Dokumen :
Dokumen Program Pelaksanaan Remedial/Pengayaan
15. Siswa berpartisipasi aktif dalam belajar dan suasana pembelajaran di kelas menyenangkan.
Tidak ada telaah dokumen
16. Guru melakukan pembiasaan literasi membaca dan menulis.
Program literasi membaca dan menulis yang berkelanjutan di sekolah/madrasah, dapat ditelaah dari:
a. program Gerakan Literasi Sekolah/Madrasah (GLS); dan
b. program literasi membaca dan menulis di kelas.
Dokumen :
Dokumen program sekolah/madrasah yang terkait dengan pelaksanaan literasi membaca dan menulis.
Publikasi dan lomba literasi siswa, dapat ditelaah dari:
a. hasil karya tulis di media cetak sekolah/madrasah;
b. hasil karya tulis di media elektronik/sosial; dan
c. keikutsertaan siswa dalam lomba karya tulis baik di lingkungan
sekolah/madrasah maupun di luar sekolah/madrasah.
Dokumen :
Dokumen publikasi dan lomba karya Literasi siswa
17. Guru menciptakan suasana belajar yang memperhatikan keamanan, kenyamanan, kebersihan, dan memudahkan siswa untuk belajar.
Tidak ada telaah dokumen
18. Sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah/madrasah dimanfaatkan dengan optimal dalam proses pembelajaran.
Perencanaan pembelajaran yang menggunakan sarana dan prasarana sebagai media dan sumber belajar, dapat ditelaah dari:
a. RPP yang memuat komponen pemilihan sarana dan prasarana sebagai media/sumber belajar yang selaras dengan tujuan pembelajaran;
b. RPP yang memuat komponen pemilihan sarana dan prasarana sebagai media/sumber belajar yang ada di sekolah/madrasah dan
di luar sekolah/madrasah; dan
c. RPP yang memuat komponen yang menunjukkan tahapan atau prosedur penggunaan sarana dan prasarana sebagai media/sumber belajar.
Dokumen :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Cermati tentang penggunaan sarana dan prasarana sebagai media dan sumber belajar
Pemanfaatan sarana dan prasarana sebagai media dan sumber belajar baik yang ada di sekolah/madrasah maupun di luar sekolah/madrasah, dapat ditelaah dari:
a. penggunaan sarana dan prasarana yang dapat digunakan sebagai
media/sumber belajar di dalam kelas; dan
b. penggunaan sarana dan prasarana yang dapat digunakan sebagai media/sumber belajar di sekolah/madrasah dan di luar sekolah/madrasah.
Dokumen :
Daftar penggunaan sarana dan prasarana sebagai media dan sumberbelajar