Siswa menunjukkan perilaku disiplin dalam berbagai situasi
Kedisiplinan waktu, dapat ditelaah dari:
a. kedisiplinan kehadiran siswa di sekolah/madrasah;
b. kedisiplinan kehadiran siswa di kelas; dan
c. kedisiplinan kehadiran dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah/madrasah.
Dokumen :
Tata tertib dan penegakannya yang mencakup hak, kewajiban, penghargaan, dan sanksi (antara lain sistem poin);
Buku piket yang berisi keterlambatan siswa dan ketidakhadiran siswa di sekolah/madrasah; dan
Catatan guru/wali kelas dan tenaga kependidikan yang memuat kedisiplinan waktu siswa
Kedisiplinan berpakaian, dapat ditelaah dari:
a. kedisiplinan siswa berpakaian seragam sekolah/madrasah;
b. kedisiplinan siswa berpakaian olah raga;
c. kedisiplinan siswa berpakaian seragam lain yang ditetapkan; dan
d. kedisiplinan siswa berpakaian praktik.
Dokumen :
Tata tertib sekolah/ madrasah dan penegakannya yang mencakup hak, kewajiban, penghargaan, dan sanksi (antara lain sistem poin);
Buku piket yang memuat catatan ketidakdisiplinan siswa berpakaian; dan
Catatan guru/wali kelas dan tenaga kependidikan yang berisi ketidakdisiplinan siswa
Kepatuhan terhadap tata tertib sekolah/madrasah, dapat ditelaah dari:
a. kepatuhan terhadap tata tertib di dalam ruangan (kelas, laboratorium, bengkel, workshop, perpustakaan, terapi, UKS, BK, tempat ibadah, jamban, dan kantin);
b. kepatuhan terhadap tata tertib di luar ruangan (lapangan olah raga, halaman, taman, tempat parkir, kolam renang); dan
c. kepatuhan terhadap tata tertib lain yang ditetapkan sekolah/ madrasah (tidak membawa HP, make-up, merokok).
Dokumen :
Buku piket yang mencakup penegakan tata tertib dan catatan kepatuhan penegakan sanksi siswa; dan
Catatan guru/wali kelas dan tenaga kependidikan yang berisi ketidakpatuhan
2. Siswa menunjukkan perilaku religius dalam aktivitas di sekolah/ madrasah.
Perilaku religius siswa, dapat ditelaah dari:
a. kebiasaan berdoa pada setiap awal dan akhir pembelajaran/ujian;
b. kebiasaan mengucapkan` salam;
c. kepedulian sosial; dan
d. kepedulian lingkungan.
Dokumen :
Laporan kegiatan pembiasaan perilaku religius siswa yang mencakup agenda/jadwal dan jenis kegiatan.
Sikap toleran dan kerukunan hidup antarpemeluk agama/kepercayaan, dapat ditelaah dari:
a. perilaku menghargai dan menghormati hak dan kewajiban;
b. perilaku saling membantu dan menolong;
c. perilaku menjaga keharmonisan dan perdamaian; dan
d. tidak memaksakan kehendak untuk memeluk agama tertentu.
Dokumen :
Catatan guru tentang sikap toleran dan kerukunan hidup antarpemeluk agama/ kepercayaan.
3. Siswa menunjukkan perilaku tangguh dan bertanggung jawab dalam aktivitas di sekolah/madrasah.
Perilaku tangguh, dapat ditelaah dari:
a. pengerjaan tugas selalu tepat waktu;
b. belajar dengan penuh semangat; dan
c. tidak mudah menyerah/putus asa.
Dokumen :
Portofolio tugas dalam pembelajaran yang mencakup materi dan nilai yang diperoleh siswa; dan
Laporan pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler yang mencakup jenis kegiatan, partisipasi siswa, dan dokumentasi kegiatan.
Perilaku bertanggung jawab dalam pembelajaran, dapat
ditelaah dari:
a. pelaksanaan pekerjaan tanpa disuruh; dan
b. pelaporan setiap pekerjaan yang dilakukan.
Dokumen :
Portofolio tugas dalam pembelajaran yang mencakup materi dan nilai yang diperoleh siswa; dan
Laporan pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler yang mencakup jenis kegiatan, partisipasi siswa, dan dokumentasi kegiatan.
4. Siswa terbebas dari perundungan (bully) di sekolah/madrasah.
Perundungan yang dilakukan/dialami siswa, dapat ditelaah dari praktik
perundungan fisik, verbal, sosial, seksual, atau dunia maya.
Dokumen :
Catatan guru/wali kelas yang mencakup jenis perundungan yang terjadi, bentuk pembinaan yang diberikan, dan jenis sanksi yang diberikan.
Pencegahan perundungan, dapat ditelaah dari kegiatan pencegahan
perundungan fisik, verbal, sosial, seksual, atau dunia maya.
Dokumen :
Laporan kegiatan pencegahan perundungan yang mencakup agenda, panduan, dan partisipasi siswa; dan
Media afirmasi dalam bentuk poster/banner/spanduk/ leaflet.
5. Siswa menunjukkan keterampilan berkomunikasi sesuai karakteristik keterampilan abad ke-21
Keterampilan berkomunikasi yang efektif dan beretika secara lisan dalam pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler, dapat ditelaah dari:
a. keterampilan bertanya dan menjawab;
b. keterampilan mengemukakan pendapat;
c. keterampilan melakukan presentasi; dan
d. keterampilan memanfaatkan TIK (multimedia).
Dokumen :
Portofolio/tugas yang mencakup tugas melalui media daring, media
luring, dan Nilai yang diperoleh siswa; dan
Laporan hasil karya dan prestasi terkait keterampilan berkomunikasi yang efektif secara lisan.
Keterampilan berkomunikasi yang efektif dan beretika secara tertulis dalam pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler, dapat ditelaah dari:
a. keterampilan membuat kalimat efektif;
b. keterampilan membuat paragraf efektif;
c. keterampilan membuat karya tulis; dan
d. keterampilan membuat tulisan di media elektronik/cetak.
Dokumen :
Portofolio/tugas yang mencakup tugas melalui media daring, media luring, dan nilai yang diperoleh siswa; dan
Laporan hasil karya dan prestasi terkait keterampilan berkomunikasi yang efektif secara tertulis.
6. Siswa menunjukkan keterampilan berkolaborasi sesuai karakteristik keterampilan abad ke-21.
Kegiatan pembelajaran, dapat ditelaah dari kemampuan siswa berkolaborasi.
Dokumen :
Catatan penilaian sikap kolaborasi/kerja sama.
Kegiatan ekstrakurikuler, dapat ditelaah dari:
a. partisipasi kolaborasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler; dan
b. partisipasi kolaborasi siswa dalam kegiatan OSIS.
Dokumen :
Laporan kegiatan yang berisi partisipasi kolaborasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dan OSIS.
Kegiatan bersama di luar sekolah/madrasah, dapat ditelaah dari:
a. partisipasi kolaborasi siswa dalam mengikuti kegiatan bersama sekolah/madrasah lain; dan
b. partisipasi kolaborasi siswa dalam mengikuti kegiatan bersama yang diselenggarakan oleh lembaga non sekolah/madrasah.
Dokumen
Laporan kegiatan bersama di luar sekolah/madrasah yang mencakup jumlah dan jenis kegiatan serta data keterlibatan siswa.
7. Siswa menunjukkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah sesuai karakteristik abad ke-21.
Keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah dalam proses pembelajaran, dapat ditelaah dari:
a. keterampilan siswa dalam mengidentifikasi masalah;
b. keterampilan siswa dalam menganalisis masalah; dan
c. keterampilan siswa dalam memecahkan masalah secara kreatif.
Dokumen :
Portofolio/tugas dalam proses pembelajaran dan nilai yang diperoleh siswa.
Hasil karya siswa terkait keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah secara lisan maupun tulisan, dapat ditelaah dari:
a. hasil karya siswa yang menunjukkan keterampilan dalam mengidentifikasi masalah;
b. hasil karya siswa yang menunjukkan keterampilan dalam menganalisis masalah; dan
c. hasil karya siswa yang menunjukkan keterampilan dalam memecahkan masalah secara kreatif.
Dokumen :
Hasil karya dan prestasi siswa yang menunjukkan keterampilan terpikir kritis dan pemecahan masalah secara lisan maupun tulisan.
8. Siswa menunjukkan keterampilan kreativitas dan inovasi sesuai karakteristik keterampilan abad ke-21.
Keterampilan yang menunjukkan kreativitas dan inovasi melalui proses pembelajaran, dapat ditelaah dari:
a. keterampilan siswa menemukan gagasan atau konsep baru;
b. keterampilan siswa menganalisis dan mengevaluasi ide-ide untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi;
c. keterampilan siswa mengembangkan gagasan dan konsep yang sudah ada; dan
d. keterampilan siswa menerapkan gagasan dan konsep baru.
Dokumen :
Portofolio tugas pembelajaran yang mencakup materi tentang pengembangan kreativitas dan inovasi, serta nilai yang diperoleh siswa.
Hasil karya siswa yang menunjukkan keterampilan kreatif dan inovatif dalam bentuk lisan, tulisan, dan bentuk lainnya melalui proses pembelajaran, dapat ditelaah dari:
a. keterampilan siswa menemukan gagasan atau konsep baru;
b. keterampilan siswa menganalisis dan mengevaluasi ide-ide untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi;
c. keterampilan siswa mengembangkan gagasan dan konsep yang sudah ada; dan
d. keterampilan siswa menerapkan gagasan dan konsep baru.
Dokumen :
Laporan pelaksanaan kegiatan terkait keterampilan kreatif dan inovatif yang mencakup jenis kegiatan, data partisipasi siswa, data karya dan prestasi, dan dokumentasi kegiatan.
Hasil karya siswa yang menunjukkan keterampilan kreatif dan inovatif dalam bentuk lisan, tulisan, dan bentuk lainnya dalam kegiatan ekstrakurikuler, dapat ditelaah dari:
a. keterampilan siswa menemukan gagasan atau konsep baru;
b. keterampilan siswa menganalisis dan mengevaluasi ide-ide untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi;
c. keterampilan siswa mengembangkan gagasan dan konsep yang sudah ada; dan
d. keterampilan siswa menerapkan gagasan dan konsep baru.
Dokumen :
Laporan pelaksanaan kegiatan terkait keterampilan kreatif dan inovatif yang mencakup jenis kegiatan, data partisipasi siswa, data karya dan prestasi, dandokumentasi kegiatan.
9. Siswa menunjukkan kemampuan mengekspresikan diri dan berkreasi dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat.
Partisipasi siswa dalam kegiatan lomba yang terkait dengan pengembangan minat dan bakat, dapat ditelaah dari:
a. bidang olahraga;
b. bidang kesenian;
c. bidang keorganisasian/ Pramuka/PMR;
d. bidang ilmiah/inovasi/KIR; dan
e. bidang kerohanian.
Dokumen :
Laporan daring/luring tentang partisipasi siswa dalam kegiatan lomba yang terkait dengan pengembangan minat dan bakat, serta tautan media sosial.
Prestasi/penghargaan dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat (tingkat lokal, nasional, dan internasional), dapat ditelaah dari:
a. bidang olahraga;
b. bidang kesenian;
c. bidang keorganisasian/ Pramuka/PMR;
d. bidang ilmiah/inovasi/KIR; dan
e. bidang kerohanian.
Dokumen :
Laporan daring/luring tentang prestasi/penghargaan dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat, serta tautan media sosial.
10. Siswa menunjukkan peningkatan prestasi belajar.
Nilai ujian sekolah/madrasah, dapat ditelaah dari:
a. daftar nilai ujian 3 (tiga) tahun terakhir;
b. rata-rata nilai ujian 3 (tiga) tahun terakhir; dan
c. grafik nilai ujian sekolah/madrasah 3 (tiga) tahun terakhir.
Dokumen :
Data nilai ujian sekolah/madrasah dalam 3 (tiga) tahun terakhir.
Nilai rapor kelas akhir, dapat ditelaah dari:
a. daftar nilai rapor kelas akhir 3 (tiga) tahun terakhir; dan
b. rata-rata nilai rapor kelas akhir 3 (tiga) tahunterakhir.
Dokumen :
Leger nilai kelas akhir dalam 3 (tiga) tahun terakhir.
11. Pemangku kepentingan (stakeholders) puas terhadap mutu lulusan sekolah/madrasah.
Kepuasan terhadap sikap lulusan, dapat ditelaah dari:
a. sikap religiusitas;
b. sikap kejujuran;
c. sikap tanggung jawab; dan
d. kedisiplinan.
Dokumen :
Laporan hasil tracer study tentang kepuasan pemangku kepentingan.
Kepuasan terhadap pengetahuan lulusan, dapat ditelaah dari:
a. bidang ilmu pengetahuan;
b. bidang teknologi;
c. bidang seni; dan
d. bidang budaya.
Dokumen :
Laporan hasil tracer study tentang kepuasan pemangku kepentingan.
Kepuasan terhadap keterampilan lulusan, dapat ditelaah dari:
a. kreativitas;
b. produktivitas;
c. komunikasi; dan
d. kolaborasi.
Dokumen :
Laporan hasil tracer study tentang kepuasan pemangku kepentingan.