19. Guru menyusun perencanaan pembelajaran aktif, kreatif, dan inovatif dengan mengoptimalkan lingkungan dan memanfaatkan TIK atau cara lain yang sesuai dengan konteksnya.
Penyusunan RPP yang memfasilitasi siswa aktif, kreatif, inovatif, efektif, dan menyenangkan, dapat ditelaah dari:
a. penggunaan metode pembelajaran bervariasi dan menantang (seperti: merancang penelitian sederhana, melakukan tugas proyek,
pembelajaran kooperatif, atau problem based learning);
b. penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dan memotivasi (seperti: PPT, video, objek konkret, atau objek tiruan); dan
c. pelibatan sumber/bahan belajar yang bervariasi (seperti: buku, karya ilmiah, jurnal, atau nara sumber).
Dokumen :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, dapat ditelaah dari:
a. pemanfaatan lingkungan di dalam sekolah/madrasah sebagai sumber belajar (seperti: kebun, halaman, perpustakaan, koperasi, atau
kantin sekolah/madrasah); dan
b. pemanfaatan lingkungan di luar sekolah/madrasah sebagai sumber belajar.
Dokumen :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Pemanfaatan TIK untuk mendukung pembelajaran, dapat dilihat dari:
a. pemanfaatan internet sebagai sumber belajar (seperti: e-book, e-library, karya ilmiah, artikel, video, atau media sosial); dan
b. pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran (seperti:
LMS, e-learning, blended learning, distance learning, google meet, zoom, atau google classroom).
Dokumen :
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
20. Guru melakukan evaluasi diri, refleksi dan pengembangan kompetensi untuk perbaikan kinerja secara berkala.
Evaluasi kinerja dan refleksi diri melalui berbagai kegiatan, dapat ditelaah dari:
a. pelaksanaan evaluasi dan refleksi diri guru berdasarkan hasil penilaian oleh siswa;
b. pelaksanaan evaluasi dan refleksi diri guru berdasarkan hasil penilaian oleh teman sejawat;
c. pelaksanaan evaluasi dan refleksi diri guru berdasarkan hasil supervisi oleh kepala sekolah; dan
d. pelaksanaan evaluasi dan refleksi diri guru berdasarkan hasil rekaman audio/video/CCTV tentang kinerja dirinya.
Dokumen :
Laporan kegiatan guru dalam evaluasi dan refleksi diri berdasarkan hasil penilaian siswa, teman sejawat, kepala sekolah/madrasah, dan hasil rekaman audio/video/CCTV.
Hasil evaluasi dan refleksi diri didiskusikan serta didiseminasikan ke teman sejawat yang difasilitasi oleh sekolah, dapat ditelaah dari:
a. pelaksanaan diskusi dan diseminasi hasil evaluasi dan refleksi diri guru oleh teman sejawat; dan
b. pelaksanaan kegiatan diskusi dan diseminasi hasil evaluasi guru.
Dokumen :
Dokumen kegiatan diseminasi hasil evaluasi dan refleksi guru kepada teman sejawat yang difasilitasi oleh sekolah/madrasah (seperti: daftar hadir, notulen, foto, atau video)
21. Guru melakukan pengembangan profesi berkelanjutan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan.
Pengembangan profesi berkelanjutan melalui beragam kegiatan, dapat
ditelaah dari:
a. KKG/MGMP;
b. diskusi/seminar/diklat;
c. publikasi karya ilmiah; dan
d. pembuatan karya inovasi.
Dokumen :
Dokumen kegiatan pengembangan profesi guru
Diseminasi (penyebarluasan ide/gagasan) hasil pengembangan profesi guru (praktik baik) kepada orang lain di dalam dan di luar sekolah, dapat ditelaah dari:
a. makalah yang dipaparkan dalam seminar/diskusi/pelatihan baik luring maupun daring termasuk konten video; dan
b. buku/makalah/karya ilmiah/artikel/ panduan menulis buku yang
dipublikasikan.
Dokumen :
Dokumen kegiatan diseminasi hasil pengembangan profesi guru
22. Guru mengembangkan strategi, model, metode, teknik, dan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif.
Pengembangan/modifikasi strategi, model, metode, teknik, dan media
pembelajaran inovatif dan kreatif, dapat ditelaah dari:
a. penggunaan strategi/metode pembelajaran yang beragam dan menantang (misal: diskusi, tanya jawab, penugasan, simulasi, praktik, pembelajaran proyek, problem-based learning, penggunaan teknologi informasi, dan penggunaan lingkungan sekitar sebagai sumberbelajar);
b. penggunaan media dan sumber pembelajaran yang bervariasi dan memotivasi (seperti: PPT, video, gambar, bagan); dan
c. pemanfaatan teknologi informasi dalam melaksanakan pembelajaran, baik sebagai sumber/bahan dan atau strategi pembelajaran.
Dokumen
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)